4.1 Jelaskan dan berikan contoh tentang share service dalam
dunia bisnis?
Shared Services adalah sebuah business unit yang terpisah
yang diciptakan dalam sebuah perusahaan, sebuah organisasi atau sebuah agen
yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan atau services kepada
operating business unit dan fungsi – fungsi korporasi di perusahaan atau
organisasi tersebut. Shared service bisa juga berarti penyediaan sebuah service
atau pelayanan oleh satu bagian dari sebuah organisasi atau grup di mana
service tersebut sebelumnya sudah ditemukan di dalam lebih dari satu bagian
dari organisasi atau perusahaan tersebut. Secara harafiahnya, shared service
adalah sebuah service atau layanan yang di-share atau dibagi pemakaian atau
penggunaannnya oleh beberapa ataupun semua bagian -bagian entitas di dalam
sebuah perusahaan atau organisasi.
Contoh :
Dalam beberapa tahun terakhir, kecenderungan perusahaan
untuk mengembangkan SSC semakin meningkat. Ini terutama dipicu oleh kemajuan
teknologi ICT, baik aplikasi, teknologi jaringan, maupun penggunaan berbagai
perangkat cerdas.
Kantor Pos dan Telkom misalnya, telah menyelenggarakan SSC
untuk pengelolaan fungsi keuangan, akuntansi, SDM, ICT, dan aset. Dulu setiap
kantor pos menyelenggarakan fungsi support tersebut masing-masing. Sekarang
fungsi support disentralisasi berdasarkan regional tertentu yang memberikan
pelayanan ke banyak cabang kantor pos di beberapa kota.
Dengan model SSC seperti ini, kantor pos pun mendapatkan
banyak manfaat. Tidak perlu lagi di setiap kantor pos ada bagian (department)
akuntansi, keuangan, pengelolaan SDM, ICT, dan aset. Pengurangan pegawai dapat
dilakukan.
4.2 Jelaskan dan bandingkan inovasi
yang paling utama pada aplikasi transportasi online di Indonesia?
Inovasi Yang
Ada Pada Gojek
Gojek
melakukan apa yang dinamakan dengan inovasi distruptif. Inovasi disruptif
(disruptive innovation) dapat dipahami sebagai inovasi yang membantu
menciptakan pasar baru, mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada, dan pada
akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut yang sudah diterima pasar
sebelumnya. Prinsip dari Inovasi disruptif mengembangkan suatu produk atau
layanan dengan cara yang tak diduga pasar, umumnya dengan menciptakan jenis
konsumen berbeda pada pasar yang baru dan menurunkan harga pada pasar yang
lama. Gojek mempertemukan antara
pengguna jasa ojek dan para tukang ojek. Model bisnis Gojek yang disempurnakan
dengan aplikasi TI secara mobile dan real time yang mana para tukang ojek dapat
dengan mudah menemukan pengguna ojek disekitarnya. Begitu juga sebaliknya
pengguna tidak perlu mencari-cari atau berjalan ke pangkalan ojek terdekat
untuk menggunakan jasa ojek. Apa yang
dilakukan Gojek adalah suatu bentuk inovasi bisnis.
Inovasi Yang
Ada Pada Grab
Grab
meluncurkan inovasi terbarunya, yakni GrabChat. Inovasi terbaru ini merupakan
in-app instant messaging untuk layanan pemesanan kendaraan Grab di seluruh Asia
Tenggara. GrabChat memudahkan proses penjemputan bagi penumpang dan pengemudi
tanpa menghabiskan pulsa. Sebelumnya, pengguna maupun pengemudi melakukan
komunikasi untuk mengabarkan seputar penjemputan melalui telepon atau SMS yang
memakan pulsa. Kini dengan GrabChat, proses komunikasi antara pengemudi dan
penumpang lebih lancar tanpa harus mengeluarkan pulsa. Berkirim pesan pun hanya
dalam satu kali sentuh karena telah tersedia berbagai template pesan. Satu
bulan setelah platform GrabChat diluncurkan, Grab kembali berinovasi melalui GrabPay
Credits. Pengguna bisa menggunakan opsi pembayaran non-tunai yang akan
memberikan kenyamanan dalam menggunakan Grab. Nantinya pengguna
Grab
diharuskan melakukan top-up melalui beragam jaringantop-up lokal, seperti ATM.
Dengan GrabPay Credits, negara juga akan terbantu untuk mewujudkan masyarakat
non-tunai guna meningkatkan keamanan dan mengurangi ketergantungan pada uang
tunai.
INOVASI SI 3
Berikut Merupakan Kelebihan &
Kekurangan, antara Gojek & Grab?
Kelebihan
Go-Jek
1. Orisinil,
asli buatan Indonesia.
2. Pelayanan
rata-rata bagus. Cepat dan langsung telepon saat ada pemesanan.
3. Bisa
kirim barang sangat cepat.
4. Yang
malas bawa uang bisa pake kredit.
5. Drivernya
ada banyak banget di mana-mana.
Kekurangan
Go-Jek
1. Aplikasi
sering error. Ini yang paling sering dikeluhkan. Apalagi sudah masuk jam sibuk.
2. Tidak
semua driver pakai seragam. Jadi yang lamaran dari GBK memang tidak dapat kumplit. Ada yang dapat
jaket tapi tidak dapet helm. Ada yang sebaliknya.
Kelebihan
Grabbike
1. Semua
driver pakai seragam. Jaket dan helm. Belum pernah saya lihat driver Grabbike
tidak pakai seragam.
2.
Aplikasinya jarang banget error.
Kekurangan
Grabbike
1. Pelafalan
susah.
2. Drivernya
tidak sebanyak Gojek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar